ANALISIS LITERASI KUANTITATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

FEBRIANTI, FEBBY (2020) ANALISIS LITERASI KUANTITATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
PERBAIKAN SIDANG SKRIPSI FEBBY PRINT.pdf

Download (6MB)
[img] Text
PERBAIKAN SIDANG SKRIPSI FEBBY PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK FEBBY FEBRIANTI. 2020. ANALISIS LITERASI KUANTITATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi kuantitatif peserta didik pada materi perubahan lingkungan berdasarkan enam indikator literasi kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Tasikmalaya, populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA di SMA Negeri 5 Tasikmalaya, teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive dengan kelas memiliki nilai tertinggi pada mata pelajaran biologi dan matematika, sehingga didapatkan 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian literai kuantitatif, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 peserta didik, 2 peserta didik (6.67%) termasuk ke dalam kategori tinggi, 24 peserta didik (80%) termasuk ke dalam kategori menengah, dan 4 peserta didik (13.33%) termasuk ke dalam kategori rendah. Respon peserta didik terhadap literasi kuantitatif pada materi perubahan lingkungan pada rata-rata tiap indikatornya memperoleh prosentase 69.36% yang berarti berada pada kategori baik. Kata kunci: indikator kuantitatif, literasi kuantitatif, peserta didik, perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:14
Last Modified: 06 Dec 2021 03:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item