Dwi Andiani, Yasfi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR–UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.
Text
SKRIPSI (Yasfi Dwi Andiani-162121020).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Yasfi Dwi Andiani. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur�Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP salah satunya yaitu kompetensi dasar 3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca. 4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai kompetensi dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Course Review Horay dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita sebanyak 14 orang peserta didik (46,7%) belum mencapai KKB dan 16 peserta didik (53,3%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita semua peserta didik 30 orang (100%) telah mencapai KKB. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks berita terdapat 15 orang peserta didik (50%) yang belum mencapai KKB, sedangkan 15 peserta didik (50%) yang sudah mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks berita semua peserta didik 30 orang (100%) telah mencapai KKB. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa W(hitung) (0) < W(tabel) 228,56 dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Artinya, Hipotesis penulis iterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 02:36 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 02:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3192 |
Actions (login required)
View Item |