PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas X SMK AL-Huda Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Siti Nurohmah, Ima (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Peserta Didik Kelas X SMK AL-Huda Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
Skripsi lengkap revisi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Ima Siti Nurohmah. 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan serta Menciptakan Kembali Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMK Al�Huda Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam kurikulum 2013 revisi. Kondisi di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalasis struktur dan kaidah kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot. Berdasarkan hal tersebut, penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model Pembelajaran Think Pair and Share dalam meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta menciptakan kembali teks anekdot pada peserta didik kelas X SMK Al-Huda Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik X SMK Al-Huda Sariwangi Kabupaten Tasikmalya Tahun Ajaran 2019/2020. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus I dalam hal menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 20 peserta didik (76,9%), sedangkan yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6 peserta didik (23,1%). Dalam hal meciptakan teks anekdot peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 19 peserta didik (73%), sedangkan yang belum mencapa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 7 peserta didik (26,9%). Pada siklus II, baik dalam hal menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot maupun dalam hal menciptakan teks anekdot semua peserta didik (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan uji perbedaan dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan serta menciptkan kembali teks anekdot siklus I dan pembelajaran siklus II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:36
Last Modified: 06 Dec 2021 02:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item