UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA PUISI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 2 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Ayulia Apan, Risda (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA PUISI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 2 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (126kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (54kB)
[img] Text
8. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (103kB)

Abstract

ABSTRAK Risda Ayulia Apandi. 2021. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Unsur-Unsur Pembangun dan Makna Puisi yang Dibaca Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 2 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran berkirim salam dan soal terhadap keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna puisi yang dibaca kelas VIII SMP Negeri 2 Cigalontang tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi, peserta didik yang mencapai KKM 11 Orang (44%), sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM adalah sebanyak 14 orang (56%). Rata-rata nilai pada kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi 70,32. Pada siklus kedua terjadi peningkatan nilai hasil. Pada pertemuan pertama kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 25 orang (100%) dengan rata-rata nilai 85,92. Pada pertemuan kedua yaitu kompetensi dasar menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11 Orang (44%), yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (56%), rata-rata nilai pada kompetensi dasar menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yaitu 73,68. Pada siklus kedua kompetensi dasar menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi mengalami peningkatan yaitu peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM ada 25 orang (100%) dengan rata-rata nilai 91,48. Berdasarkan data tersebut, maka hipotesis tindakan tentang upaya meningkatan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang dibaca menggunakan model berkirim salam dan soal pada peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 2 Cigalontang tahun ajaran 2020/2021 diterima. Penggunaan model berkirim salam dan soal mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII C tentang mengidentifikasi dan menyumpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang dibaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:19
Last Modified: 06 Dec 2021 02:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3188

Actions (login required)

View Item View Item