PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen pada Kelas XI MIA SMA KHZ. Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2019/2020)

NURPARIDAH, EVA (2020) PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen pada Kelas XI MIA SMA KHZ. Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Eva Nurparidah-152154151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas XI MIA SMA KHZ. Musthafa Sukamanah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Januari 2020 di SMA KHZ. Musthafa Sukamanah. Metode Penelitian yang digunakan adalah true experimental. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIA SMA KHZ. Musthafa Sukamanah tahun ajaran 2019/2020, sebanyak 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling sebanyak 2 kelas yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan lima options. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan (α) = 5% Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas XI MIA SMA KHZ. Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Media Scrapbook. Hasil Belajar. Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:05
Last Modified: 06 Dec 2021 02:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item