ANALISIS PROSES BERPIKIR KONVERGEN PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE GAYA BELAJAR KOLB

SANI WATY, MELI (2020) ANALISIS PROSES BERPIKIR KONVERGEN PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE GAYA BELAJAR KOLB. Pascasarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
Tesis Meli Sani Waty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK MELI SANI WATY. 2020. ANALISIS PROSES BERPIKIR KONVERGEN PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE GAYA BELAJAR KOLB. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir konvergen peserta didik dalam pemecahan masalah matematika pada materi barisan aritmetika dan barisan geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan metode eksploratif sampai terpilihnya 4 subjek penelitian pada tipe gaya belajar Kolb, yaitu subjek Akomodator, Diverger, Asimilator dan Konverger. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian soal tes berpikir konvergen dalam pemecahan masalah matematika yang terdiri dari 2 soal uraian, pemberian angket gaya belajar Kolb dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu hasil data tertulis, data angket dan data wawancara yang diolah dan dibaca secara keseluruhan kemudian direduksi dan disajikan dalam bentuk teks naratif sehingga dapat diperoleh kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini dideskripsikan dalam empat tahap, yaitu tahap mengidentifikasi masalah, tahap merencanakan masalah terdiri dari membuat asumsi dan analisis pro kontra, tahap pemilihan solusi dan tahap pembenaran solusi yang terpilih. Pada tahap mengidentifikasi masalah, subjek Akomodator, Diverger, Asmilator dan Konverger dimulai dengan adanya informasi/stimulus, stimulus yang ada berupa masalah aritmetika dan geometri masuk ke dalam sensory register melalui indera penglihatan subjek. Pada tahap merencanakan masalah terjadi penyeleksian informasi pada selective attention, dengan menuliskan informasi yang diperoleh dari permasalahan kemudian subjek menyeleksi kriteria untuk membuat solusi. Subjek penelitian menyelesaikan masalah dengan mengingat pengetahuan yang sudah dikuasai sesuai dengan permasalahan, setelah melalui selective attenttion dan perception, informasi memasuki short-term memory subjek. Pada tahap pemilihan solusi, informasi diolah lebih lanjut dengan mengingat pengetahuan dan konsep yang sebelumnya telah dipelajari atau dikuasai subjek yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah yang dipanggil dari long-term memory subjek. Selama proses penyelesaian masalah di dalam short-term memory subjek, terjadi pula encoding. Informasi yang diperoleh diteruskan menuju jawaban subjek melalui effector. Pada tahap pembenaran solusi yang terpilih, subjek Diverger, Konverger dan Asimilator memeriksa kembali jawaban dengan mengaitkan kembali inti permasalahan dengan hasil penyelesaian yang telah dilakukan, sedangkan subjek Akomodator tidak melakukan pemeriksaan. Kata kunci: Proses Berpikir, Berpikir Konvergen, Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Gaya Belajar Kolb

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:59
Last Modified: 06 Dec 2021 01:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item