NIDA YULIANTI ALAWIYAH, NENG (2020) ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA PENILAIAN TAKSONOMI TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) 2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.
Text
Bismillah Skripsi Neng Nida Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK NENG NIDA YULIANTI ALAWIYAH. 2020. Analisis Butir Soal Matematika berdasarkan Kerangka Penilaian Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Studi (TIMSS) 2019. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Ujian Nasional matematika SMP tahun ajaran 2018/2019 berdasarkan domain konten dan kognitif taksonomi TIMSS 2019 serta menganalisis perbedaan antara soal Ujian Nasional dengan soal TIMSS. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah soal Ujian Nasional matematika SMP tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan instrumen lembar analisis butir soal. Teknik untuk menganalisis data meliputi mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) butir soal Ujian Nasional matematika SMP tahun 2018/2019 berdasarkan domain konten taksonomi TIMSS 2019, domain bilangan dengan proporsi 25% tidak sesuai karena kurang dari TIMSS 2019 namun lingkup materi sesuai, domain aljabar dengan proporsi 32,5% kurang ideal karena melebihi TIMSS 2019 dan lingkup materi tidak sesuai, domain geometri dengan proporsi 27,5% kurang ideal karena melebihi TIMSS 2019 dan lingkup materi tidak sesuai, dan domain data dan probabilitas dengan proporsi 15% tidak sesuai karena kurang dari TIMSS 2019 namun lingkup materi sesuai. 2) butir soal Ujian Nasional matematika SMP tahun 2018/2019 berdasarkan domain kognitif taksonomi TIMSS 2019, domain pengetahuan dengan proporsi 40% melebihi TIMSS namun persebaran aspek kognitif merata, domain penerapan dengan proporsi 40% sesuai dengan TIMSS dan persebaran aspek merata, dan domain penalaran dengan proporsi 20% kurang dari TIMSS dan persebaran aspek kognitif tidak merata. Selain itu terdapat tiga kategori perbedaan soal Ujian Nasional dengan soal TIMSS: 1) domain kognitif soal UN lebih rendah dari pada soal TIMSS; 2) domain kognitif soal UN lebih tinggi dari pada soal TIMSS; 3) domain kognitif soal UN setara dengan soal TIMSS. Kata kunci: domain konten, domain kognitif, Ujian Nasional
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:59 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3184 |
Actions (login required)
View Item |