TEACHING ENGLISH TO AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD): A CASE OF INDONESIAN CONTEXT

NURMALIA, MELA (2019) TEACHING ENGLISH TO AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD): A CASE OF INDONESIAN CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Mela Nurmalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana guru mengajar Bahasa Inggris peserta didik dengan gangguan spektrum autisme (Autism Spectrum Disorder) oleh guru non-Pendidikan Bahasa Inggris di sekolah autis. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah dasar autis yang berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Partisipan dalam penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris di sekolah tersebut. Dia berumur 24 tahun. Dia telah lulus dari Jurusan Pendidikan Ekonomi, sebuah universitas negeri di Tasikmalaya, bukan dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Dia telah mengajar selama satu tahun. Dia mengajar bahasa Inggris karena tidak ada guru yang lulus dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan guru tersebut dapat menangani pelajaran karena dia mengklaim memiliki kemampuan untuk mengajar Bahasa Inggris kepada peserta didik autis. Data diperoleh dengan observasi non-partisipan. Data dianalisis dengan analisis tematik untuk menemukan tema yang berkaitan dengan strategi guru dalam mengajar bahasa Inggris kepada peserta didik autis. Temuan penelitian menemukan bahwa menggunakan teknik tertentu dalam membangun pengetahuan kosa kata, menggunakan media visual, membangun kondisi psikologis peserta didik, dan penggunaan strategi co-teaching menjadi strategi bagi guru untuk mengajar peserta didik autis. Oleh karena itu, dengan menerapkan strategi tersebut dalam mengajar peserta didik autis, guru telah berhasil menangani peserta didik untuk tetap mengikuti pelajaran meskipun peserta didik memiliki perasaan atau perilaku negatif. Dari temuan penelitian ini, diharapkan guru bahasa Inggris di sekolah autis bisa lebih kreatif dan inovatif untuk memilih strategi pengajaran untuk menyampaikan materi mereka. Selain itu, disarankan untuk peneliti selanjutnya bahwa penelitian ini dapat dieksplorasi lebih banyak untuk menginvestigasi masalah dan strategi yang tepat dalam mengajar peserta didik autis. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Peserta didik autis, Sekolah Dasar Autis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:42
Last Modified: 14 Aug 2019 03:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item