Nurhidayanti, Melly (2020) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Kausal Komparatif di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/ 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
DRAF SKRIPSI MELLY NURHIDAYANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik berdasarkan gender pada pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah penelitian komparatif. Teknik sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA. Pengambilan data dilakukan pada seluruh peserta didik kelas XI MIPA serta didapatkan sebanyak 60 peserta didik dengan jumlah masing-masing peserta didik laki-laki 30 dan peserta didik perempuan 30. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket motivasi belajar dalam bentuk skala likert, sebanyak 32 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar berdasarkan gender yakni antara peserta didik laki-laki dengan peserta didik perempuan di kelas XI MIPA. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gender, Biologi, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 03:19 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 03:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3151 |
Actions (login required)
View Item |