PENGARUH KONFORMITAS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Perjuangan Angkatan 2017)

RAHMAYANTI SOLIHAH, IMA (2021) PENGARUH KONFORMITAS DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Perjuangan Angkatan 2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (404kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
07. BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
08. BAB II.pdf

Download (422kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf

Download (862kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

ABSTRAK Ima Rahmayanti Solihah. (2021). Skripsi. Pengaruh Konformitas dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Perjuangan Angkatan 2017). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. H. Yoni Hermawan, M.Pd. dan Ati Sadiah, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai perilaku konsumtif pada mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Perjuangan angkatan 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Perjuangan angkatan 2017. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey, desain penelitian survey eksplanatori dengan teknik analisis data regresi linier berganda dan koefisien determnasi. Populasi merupakan mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Perjuangan angkatan 2017 dengan teknik sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan simple random sampling sehingga sampel berjumlah 171 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian dimana yang menjadi variabel independen adalah konformitas (X1) dan literasi ekonomi (X2), sedangkan untuk variabel dependen (Y) adalah perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan bantuan SPSS versi 26, regresi linier berganda diperoleh nilai constanta sebesar 16,951, koefisiensi regresi X1 bernilai posistif sebsar 0,634, koefisiensi regresi X2 bernilai posistif sebsar 0,6283, dengan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,610 atau 61%, artinya besarnya pengaruh variabel bebas konformitas (X1) dan literasi ekonomi (X2) terhadap variabel terikat perilaku konsumtif (Y) sebesar 61%, dan sisanya sebesar 39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Perjuangan angkatan 2017. Kata Kunci : Konformitas, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:59
Last Modified: 02 Dec 2021 06:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item