EVALUASI KINERJA LANDASAN PACU (RUNWAY) PADA BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA DENGAN PERBANDINGAN METODE ICAO DENGAN METODE FAA

HASNA MUFIDAH, ALYA (2021) EVALUASI KINERJA LANDASAN PACU (RUNWAY) PADA BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA DENGAN PERBANDINGAN METODE ICAO DENGAN METODE FAA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Tugas Akhir_Alya Hasna Mufidah_167011031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bandar udara merupakan sebuah pelabuhan udara yang memiliki fasilitas untuk pesawat terbang agar dapat melakukan pendaratan dan lepas landas. Sebagian besar bandara di Indonesia sudah bertaraf internasional dan masih aktif beroperasi, salah satunya Bandar Udara Husein Sastranegara. Bandara ini sudah lama beroperasi sehingga diperlukan adanya evaluasi terhadap geometrik dan perkerasan pada landasan pacunya. Dari hasil analisis, didapat panjang landasan pacu yang dibutuhkan untuk pesawat kritis Boeing 737-800 adalah 2,640 m sedangkan landasan pacu eksisting hanya 2,220 m. Pada perhitungan struktur perkerasan digunakan metode FAA (Federal Aviation Administration) dengan cara manual dan menggunakan bantuan perangkat lunak FAARFIELD. Perhitungan ini mengacu kepada Advisory Circular 150/5320-6F. Perhitungan juga membandingkan antara hasil perhitungan dari metode FAA dengan hasil perhitungan metode ICAO. Hasil perhitungan pada landasan pacu kondisi eksisting dengan cara manual didapat tebal total perkerasan 85,09 cm, dengan bantuan perangkat lunak FAARFIELD didapat tebal total perkerasan 80,93 cm. Untuk metode ICAO didapat tebal perkerasan total sebesar 82.9 cm. Untuk perencanaan pelapisan ulang dengan bantuan perangkat lunak FAARFIELD didapat tebal untuk lapis permukaan sebesar 4 inch (10.16 cm). Untuk perhitungan pelapisan ulang pada metode ICAO didapat tebal lapis permukaan sebesar 4.33 inch (11 cm). Pada perhitungan perencaan perkerasan dengan metode FAA cara manual didapat tebal total perkerasan sebesar 93,98 cm, sedangkan dengan bantuan perangkat lunak FAARFIELD didapat tebal total perkerasan sebesar 73,40 cm. Kata Kunci: Bandar Udara, FAA, FAARFIELD, Landasan Pacu, Perkerasan Lentur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Dec 2021 02:20
Last Modified: 02 Dec 2021 02:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item View Item