PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Urohmah, Anissa (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Anissa Urohmah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Mengacu pada Silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas VII, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks prosedur. Akan tetapi kenyataannya di kelas VII SMP Negeri 4 Tasikmalaya belum semua peserta didik mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Example Non Example meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes, teknik wawancara, dengan sumber data adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan perolehan nilai siklus kesatu dalam aspek pengetahuan, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 18 orang (56%) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 14 orang (44%), pada siklus kedua semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Pada siklus kesatu dalam aspek keterampilan, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 23 orang (72%) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 9 orang (28%), pada siklus kedua semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini dapat dibuktikan. Artinya model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:37
Last Modified: 30 Nov 2021 02:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item