IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU SEJARAH DI KELAS X SMK AS-SAABIQ SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020

SOPIA SUNARYA, EVI (2020) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU SEJARAH DI KELAS X SMK AS-SAABIQ SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK EVI SOPIA SUNARYA. 2020. IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU SEJARAH DI KELAS X SMK AS-SAABIQ SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui delapan keterampilan dasar mengajar guru sejarah di kelas X SMK As-Saabiq Singaparna. Selain itu penelitian ini juga menganalisis faktor penghambat dan pendorong dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar di kelas, sehingga pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu hal yang ada di lapangan dengan apa adanya. Sehingga memberi gambaran yang jelas tentang situasi-situasi yang ada di lapangan. Penelitian kualitatif ini juga merujuk pada keputusan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasikan keterampilan dasar mengajar guru sejarah di kelas X SMK As-Saabiq Singaparna sudah cukup maksimal, artinya keterampilan dasar mengajar sudah diimplementasikan dengan baik tetapi masih ada beberapa keterampilan yang harus lebih ditingkatkan lagi. Keterampilan yang sudah terimplementasikan seperti keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi dan kelompok kecil, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengajar perseorangan dan keterampilan memberikan penguatan. Selain itu, dianalisis juga faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses implementasi keterampilan dasar mengajar guru sejarah di kelas X SMK As-Saabiq Singaparna tahun ajaran 2019/ 2020. Kata kunci: Keterampilan Dasar Mengajar, Guru Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:54
Last Modified: 26 Nov 2021 07:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3067

Actions (login required)

View Item View Item