ANALISIS CITRA MEREK DALAM KEPUTUSAN PEMILIHAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH (STUDI PADA JAMAAH PT. PERSADA AL-AMIN TASIKMALAYA)

PANGESTU, ANGGIT SINGGIH (2020) ANALISIS CITRA MEREK DALAM KEPUTUSAN PEMILIHAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH (STUDI PADA JAMAAH PT. PERSADA AL-AMIN TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
anggit FAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini, Persada Al-Amin merupakan sebuah penyedia jasa biro perjalanan haji dan umroh yang berdiri sudah sekitar tujuh tahun lebih tentunya sudah banyak dipercaya dan berkualitas sehingga memiliki citra merek yang dikenal baik di Tasikmalaya. Tentu ada faktor pembentuk citra merek dari Persada Al-Amin tersebut sehingga dapat dikenal baik di benak konsumen dan dapat membantu dalam proses keputusan pemilihan yang dilakukan oleh calon jamaah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah menganalisis citra merek dalam keputusan pemilihan biro perjalanan haji dan umrah di Persada Al-Amin. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis citra merek dalam keputusan pemilihan biro perjalanan haji dan umrah di Persada Al-Amin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer yaitu karyawan perusahan dan jamaah Persada Al-Amin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknis analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan analisis data setelah dilapangan. Faktor yang kurang berpengaruh dalam pembentukan citra merek di Persada Al-Amin terhadap pilihan konsumen ada di faktor harga, ini menunjukkan bahwa harga yang diterapkan oleh Persada Al-Amin sendiri tidak begitu menjadi pengaruh yang besar bagi konsumen dalam mengambil keputusan untuk memakai jasa Persada Al-Amin sebagai travel umrah dan haji mereka. Melainkan para konsumen lebih mementingkan kualitas, pelayanan, resiko dan kepercayaan mereka terhadap Persada Al-Amin. Selain itu citra yang sudah dimiliki Persada Al-Amin pun menjadi faktor yang dominan karena strategi pembentukan citra Persada Al-Amin tepat dilakukan dengan memanfaatkan nama merek Al-Amin yang memiliki arti dapat dipercaya untuk membangun persepsi masyarakat, terlepas dari nama merek tersebut, pada kenyataannya bahwa citra Persada Al-Amin dikenal baik karena memang pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh para karyawannya memang memuaskan. Di sisi lain manfaat yang diberikan oleh Persada Al-Amin kepada konsumen cukup berpengaruh tetapi tidak dominan, karena konsumen sendiri merasakan manfaatnya hanya pada saat perjalanan umrah dan haji saja, dan tidak merasakan manfaat lain setelah memakai jasa Persada Al-Amin itu sendiri. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan mengenai analisis citra merek dalam keputusan pemilihan jamaah Persada Al�Amin, menunjukan bahwa citra dari Persada Al-Amin di Tasikmalaya khususnya, memang sudah dikenal baik dan bahkan menjadi referensi utama mereka dalam memilih jasa travel Umrah dan Haji. Kata Kunci: Citra Merek, Keputusan Pemilihan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:47
Last Modified: 26 Nov 2021 07:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item