ANALISIS STRATEGI PENANGANAN AGENCY PROBLEM PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT SAHABAT MANGKUBUMI TASIKMALAYA

ROSIDA, IDA (2020) ANALISIS STRATEGI PENANGANAN AGENCY PROBLEM PADA PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT SAHABAT MANGKUBUMI TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 cover.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Ida Rosida(2020).Analisis Stategi Penanganan Agency Problem pada Pembiayaan Mudharabah di BMT Sahabat Mangkubumi Tasikmalaya. Program studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Baitul Maal Watamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil, menumbuh kembangkan bisnis usaha mikro. Pembiayaan mudharabah salah satunya bagian akad dilembaga keuangan syariah yaitu akad dua belah pihak untuk memberdayakan modal usaha dan diperoleh keuntungan bagi hasil. Perkembangan BMT di Indonesia tidak terlepas dari kendala yang dihadapi strategi dan kemampuan pengelolaan yang baik dan benar sangat menentukan dari adanya perbedaan kepentingan antara manger dan prinsipal, hubungan anatara prinsipal (BMT) dengan agent (Nasabah) yaitu prinsipal sebagai pemberi modal dan agent sebagai pengelola modal belum bisa menjalankan prinsip kesepakatan bentuk kerjasama sehingga timbul konflik tidak amanah dalam menjalankan kegiatan usaha yaitu dengan tidak punya catatan keuangan setiap hari. Agency merupakan hubungan organisasional antara prinsipal (BMT) dengan agent (Nasabah). Keagenan dapat diandang suatu versi yang membuat suatu model konraktual antara dua atau lebih, dimana salah satu pihak disebut agent dan pihak lain disebut prinsipal. Prinsipal (emilik dana) memberikan suatu amanah kepada agent untuk melaksanakan tugas tertentu sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan dua sumber data yaitu sumber data primer yang terdiri dari manager, marketing dan nasabah pembiayaan mudharabah. Sumber data sekunder yang terdiri dari data laporan tahunan mudharabh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, yang kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi penanganan agency problem belum sepenuhnya patuh terhadap ketentuan pada awal akad masih ada beberapa indikator yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, seperti kurang amanah dalam menjalankan usaha bukan dari lembaga keuangan saja tetapi dari pihak pengelola pun masih berkurang, persentase keuntungan dan pengawas yang kurang berjalan dengan baik. Kata kunci : Baitul Maal Watamwil, Mudharabah, Agency Problem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:47
Last Modified: 26 Nov 2021 07:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item