PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC (SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JAMUR (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/ 2020)

PAHLAWATI PUTRI, FIKA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC (SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP JAMUR (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/ 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Fika Pahalawati Putri (152154146) A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK FIKA PAHALAWATI PUTRI, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan populasi penelitian ini terdiri dari 3 kelas terdiri atas 133 siswa digunakan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas yaitu X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi mengunakan angket dengan indikator ARCS dan hasil belajar menggunakan tes tervalidasi keduanya berjumlah 36 butir soal berdasarkan hasil uji prasayarat analisis, data telah diambil dari populasi berdistribusi normal dan varians data homogen. Analisis data menggunakan uji ANCOVA pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap peningkatan motivasi belajar. Nilai rata-rata N-gain motivasi belajar sebesar 0,46 dan hasil belajar sebesar 0,40 menunjukan bahwa peningkatan skor keduanya berada pada kategori sedang. Sehingga kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh Model Pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) terhadap motivasi dan hasil belajar Peserta Didik pada konsep jamur di kelas X SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : SIMAS ERIC, motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:07
Last Modified: 26 Nov 2021 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3050

Actions (login required)

View Item View Item