ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TAHAPAN WANKAT-OREOVOCZ DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD

ZULFIHA REMSIS, AI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TAHAPAN WANKAT-OREOVOCZ DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

ABSTRAK Ai Zulfiha Remsis. 2021. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TAHAPAN WANKAT-OREOVOCZ DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen tambahan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar angket gaya belajar, dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis meliputi enam tahapan pemecahan masalah Wankat-Oreovocz yaitu mendefinisikan (define), mengeksplorasi (explore), merencanakan (plan), mengerjakan (do it), memeriksa kembali hasil (check), dan generalisasi (generalize) pada materi matriks serta memenuhi gaya belajar Honey-Mumford. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek aktivis (S16), reflektor (S4), teoris (S15), dan pragmatis (S6) mampu menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, menentukan langkah perencanaan penyelesaian masalah, dan melakukan perhitungan sesuai dengan rencana penyelesaian masalah secara sistematis. Namun keempat subjek kurang mampu mengajukan pertanyaan dan mengeksplorasi semua dimensi masalah; (2) subjek aktivis (S16) dan teoris (S15) mampu memeriksa kembali hasil yang diperoleh dengan cara berbeda dan menyelesaikan masalah sesuai dengan apa yang telah dipelajari. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Tahapan Wankat�Oreovocz, Gaya Belajar Honey-Mumford.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:48
Last Modified: 25 Nov 2021 12:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item