IMPLEMENTASI VIDEO 360 PADA VIRTUAL REALITY UNTUK MUSEUM GALUH PAKUAN CIAMIS

ALVINA DYTA, RESA (2021) IMPLEMENTASI VIDEO 360 PADA VIRTUAL REALITY UNTUK MUSEUM GALUH PAKUAN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TA_RESA ALVINA DYTA_157006017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi yang akan diterapkan pada Museum Galuh Pakuan adalah melakukan implementasi Video 360 pada Virtual Reality. Video 360 maupun Virtual Reality dibuat menggunakan kamera yang merekam dalam sudut pandang 360 derajat secara menyeluruh. Teknologi Video 360 merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam penyebaran budaya yang memiliki nilai sejarah menjadi lebih modern serta dapat dikembangkan dengan mengikuti tren saat ini. Diharapkan pengguna dalam hal ini penonton virtual dapat menikmati atmosfer yang dihadirkan secara imersif sekaligus dapat menambah nilai sejarah dari museum itu sendiri. Penggunaan Virtual Reality dalam melihat rekaman yang dibuat oleh teknologi Video 360 juga menjadi pengalaman baru yang menarik agar tidak membosankan dalam melihat peninggalan benda-benda bersejarah yang ada dimuseum. Melalui penerapan teknologi ini diharapkan menjadi salah satu sarana pelestarian budaya yang memiliki nilai sejarah, dan dapat membantu memperkenalkan kembali serta mengajak masyarakat untuk membangkitkan rasa kecintaan terhadap nilai-nilai sejarah pada museum di era modern saat ini. Kata kunci: Video 360, Virtual Reality, Museum

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:46
Last Modified: 25 Nov 2021 12:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item