PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI DAN MENYAJIKAN GAGASAN, PERASAAN, PENDAPAT DALAM TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP IT Hidayatul Ulum Kecamatan Kawalu kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Juniarsa, Ropa (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI DAN MENYAJIKAN GAGASAN, PERASAAN, PENDAPAT DALAM TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP IT Hidayatul Ulum Kecamatan Kawalu kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover_-_Copy-2.pdf

Download (46kB)
[img] Text
AWALAN-1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB_1_PENDAHULUAN_fix-7.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB_II_LANDASAN_TEORETIS-1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB_III_PROSEDUR_PENELITIAN-5_fiiixxxxxxxxxxxxx_-_Copy-3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB_4-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB_5-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Ropa Juniarsa. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi dan Menyajikan Gagasan, Perasaan, Pendapat dalam Teks Puisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take and Give (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Hidayatul Ulum Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam teks puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kelas VIII SMP IT Hidayatul Ulum Kawalu Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM (70) sehingga penulis melakukan penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Take and Give meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam teks puisi pada kelas VIII SMP IT Hidayatul Ulum Kawalu Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP IT Hidayatul Ulum Kawalu Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 12 orang. Pada siklus I pertemuan pertama untuk KD 3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi, ada 4 peserta didik (33%) yang mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 8 peserta didik (67%) lainnya belum mencapai KKM. Pertemuan kedua untuk KD 4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi, ada 4 peserta didik (33%) yang telah mencapai KKM dan 8 peserta didik (67%) belum mencapai KKM. Pada Siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua, baik untuk KD 3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi, dan untuk KD 4.8 Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat, dalam bentuk teks puisi seluruh peserta didik (100%) telah mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan. Dengan demikian, terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sehingga hipotesis dari penelitian ini dapat diterima, yaitu model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi pada peserta didik kelas VIII SMP IT Hidayatul Ulum Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:46
Last Modified: 25 Nov 2021 12:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item