PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA

Aditia, Diani (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER, LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2 PERNYATAAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB)
[img] Text
5 Daftar Isi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
6 Daftar Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Masalah pokok yang melatar belakangi penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dengan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran course review horay pada proses pembelajarannya. Metode quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design digunakan pada penelitian. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI IPS SMA Negeri 10 Tasikmalaya yang berjumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu sampling purposive terhadap 33 siswa XI IPS 1 dan 33 siswa XI IPS 2. Pengumpulan data dilakukan berupa soal pilihan ganda dengan 5 option, yang terdiri dari soal pretest dan posttest dengan jumlah masing-masing 30 butir soal pada materi pelajaran perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Dengan rata-rata pretest pada kelas eksperimen I sebesar 53,30 dan posttest sebesar 85,67 mengalami peningkatan nilai rata-rata 0,70, sedangkan pada kelas eksperimen II pretest sebesar 58,58 dan posttest sebesar 82,52 mengalami peningkatan sebesar 0,56, berdasarkan data tersebut kelas eksperimen I lebih unggul dibandingkan dengan kelas eksperimen II. Selain itu, hasil uji paired sample t test danindependent sample t test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 berbantuan SPSS 23.0 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran make a match dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran course review horay. Sedangkan nilai effect sizenya 0,696 sehingga dapat dikategorikan besar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Course Review Horay, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:16
Last Modified: 13 Aug 2019 03:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item