APRILLIA, ELFIRAH (2021) Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Konsumen Terhadap Produk Kecantikan Kulit Berbahan Baku Lidah Buaya (Aloe vera L.). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Konsumen Terhadap Produk Kecantikan Kulit Berbahan Baku L.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Konsumen Terhadap Produk Kecantikan Kulit Berbahan Baku Lidah Buaya (Aloe vera L.) Oleh: Elfirah Aprilia NPM 175009033 Dosen Pembimbing: Hj. Enok Sumarsih Hj. Rina Nuryati Konsumen menjadikan produk kecantikan kulit berbahan baku Aloe vera sebagai salah satu alternatif produk kecantikan untuk memelihara kesehatan kulit. Produk kecantikan kulit berbahan baku Aloe vera memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen dalam kelompok tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan segmentasi pasar konsumen, menganalisis kesediaan membayar (Willingness to pay) dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar. Penelitian ini dilaksanakan di Lippo Mall Puri Jakarta Barat selama delapan bulan yaitu November 2020 sampai Juni 2021 dan penentuan sampel dilakukan melalui metode accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Contingent Valuation Method (CVM) dan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan pada segmen pasar konsumen dari segi geografis didominasi oleh konsumen yang tinggal di Wilayah Cengkareng, secara demografis umumnya berumur 17-25 tahun, berpendidikan tingkat menengah, belum berkeluarga, berstatus mahasiswa dan berpendapatan rendah. Secara psikografis, responden membeli produk kecantikan kulit berbahan baku Aloe vera dengan alasan kesehatan kulit yang pada umumnya responden menggunakan produk tersebut sudah lebih dari satu tahun. Hasil rataan WTP responden terhadap produk kecantikan kulit berbahan baku Aloe vera yakni sebesar Rp 54.300 per pcs terdapat surplus konsumen atau keuntungan yang diperoleh konsumen karena mendapatkan harga yang lebih rendah dari pada nilai barang tersebut untuknya, yaitu sebesar Rp 27.150,-. Faktor-faktor (pendapatan, kualitas produk, harga produk, keamanan produk dan gaya hidup) berpengaruh secara simultan terhadap Willingness to Pay produk kecantikan kulit berbahan baku Aloe vera dan hanya variabel kualitas produk, harga produk dan keamanan produk yang berpengaruh secara parsial terhadap Willingness to Pay produk kecantikan kulit berbahan baku Aloe vera. Kata Kunci: Aloe vera, produk kecantikan, segmentasi, willingness to pay
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 12:45 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 12:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2998 |
Actions (login required)
View Item |