PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CIJOHO INDAH WATERBOOM SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Rizki Babari, Muhammad (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CIJOHO INDAH WATERBOOM SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKI BABARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Rizki Babari. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Cijoho Indah Waterboom Singaparna Kabupaten Tasikmalaya: Program Studi Ekonomi Syari’ah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Wisata merupakan suatu kegiatan yang identik dengan aktifitas berlibur. Oleh karna itu suatu objek wisata harus memiliki keunggulan-keunggulan yang mampu menciptakan kepuasan bagi pengunjungnya. Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu daearah yang cukup terkenal dengan objek wisatanya yaitu Gunung Galunggung, selain itu juga Kabupaten Tasikmalaya memiliki objek wisata lain berupa Cijoho Indah Waterboom. Sebagai salah satu usaha pelayanan pelanggan dalam bidang hiburan atau rekreasi, Cijoho Indah Waterboom senantiasa untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya. Kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional dan harga. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Cijoho Indah Waterboom? 2) apakah terdapat pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Cijoho Indah Waterboom? 3) apakah terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di Cijoho Indah Waterboom? 4) apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Cijoho Indah Waterboom?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Cijoho Indah Waterboom Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 71.592 orang dan sample yang digunakan sebanyak 100 orang. Dalam teknik analisa data menggunakan regresi sederhana dan berganda, koefisien korelasi sederhana dan berganda, serta koefisien determinasi. Hasil analisa data diperoleh bahwa persamaan regresi sederhana 1) X1 Y diperoleh Y=7,861+1,569 X1, koefisien korelasi 0,520 dan koefisien determinasi 27,1%. 2) X2 Y diperoleh Y= 21,894+0,989 X2, koefisien korelasi 0,348 dan koefisien determinasi 12,1%. 3) X3 Y diperoleh Y=1,870+1,702 X3, koefisien korelasi 0,497 dan koefisien determinasi 24,7%. 4) X1 X2 X3 Y diperoleh berdasarkan regresi linier berganda diperoleh nilai Y=38,958+0,691 X1+0,884 X2+1,177 X3 koefisien korelasi berganda 0,708 dan koefisien korelasi 50,1%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X1) fasilitas (X2) harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada pelanggan Cijoho Indah Waterboom secara parsial maupun simultan maka hipotesis alternatif diterima. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:06
Last Modified: 24 Nov 2021 03:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item