PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Banjar)

SETIAJI, GALIH (2020) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Banjar). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK GALIH SETIAJI, 2020, Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Banjar), Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Latar belakang dari penelitian adalah SMA Negeri 2 Banjar merupakan sekolah yang memiliki program menjadi sekolah tanggap bencana. Usaha meningkatkan pemahaman siswa pada materi mitigasi bencana alam, maka digunakan model discovery learning. Model discovery learning akan membuat pembelajaran lebih bermakna karena akan mengubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif. Model discovery learning pada materi mitigasi bencana alam diharapkan siswa dapat lebih optimal memahami materi dan konsepnya. Sehingga mampu memberikan hasil berupa peran serta siswa dalam usaha mitigasi bencana alam untuk meminimalisir dampak yang disebabkan oleh bencana alam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, kuesioner, studi dokumentasi, dan studi literatur serta teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Populasi yang diambil adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Banjar yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan diperoleh 2 kelas penelitian yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning di kelas eksperimen dengan beberapa tahap, yaitu: stimulasi, pernyataan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kompetensi kognitif dan keaktifan siswa di kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dari rata-rata hasil kompetensi kognitif skor awal 19,5 menjadi 27,3, sedangkan dari rata-rata hasil keaktifan mayoritas pada pertemuan pertama memperoleh kriteria cukup, pada pertemuan kedua memperoleh kriteria aktif dan pada pertemuan ketiga memperoleh kriteria sangat aktif. Perbandingan hasil belajar kompetensi kognitif dan keaktifan siswa menunjukkan bahwa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Siswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami materi mitigasi bencana alam sehingga dapat mengurangi dampak yang disebabkan oleh bencana alam. Kata Kunci : Discovery Learning, Kognitif, Keaktifan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:41
Last Modified: 24 Nov 2021 02:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item