EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN SINTESIS MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII-C SMP Negeri 17 Tasikmalaya)

NUR’ALIM, JAJANG (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN SINTESIS MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII-C SMP Negeri 17 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI JAJANG NUR'ALIM 152151129.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis dan sintesis matematis peserta didik yang menggunakan metode Learning Start With a Question, serta efektivitas penerapan metode Learning Start With a Question terhadap kemampuan analisis dan sintesis matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melaksanakan tes kemampuan analisis dan sintesis matematis. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 17 Tasikmalaya yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan simple random sampling, terpilih kelas VII-C dengan jumlah peserta didik 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji proporsi pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh simpulan bahwa kemampuan analisis matematis peserta didik yang menggunakan metode Learning Start With a Question termasuk ke dalam kategori sangat baik, kemampuan sintesis matematis peserta didik yang menggunakan metode Learning Start With a Question termasuk ke dalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan kemampuan analisis dan sintesis matematis peserta didik dapat dikategorikan kedalam kategori sangat baik. Serta penerapan metode Learning Start With a Question efektif terhadap kemampuan analisis dan sintesis matematis peserta didik. Kata kunci: Metode Learning Start With a Question, Kemampuan analisis matematis, Kemampuan sintesis matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:12
Last Modified: 13 Aug 2019 09:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item