ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK

MUZDALIPAH, IIP (2019) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI IIP MUZDALIPAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi peserta didik dalam pemecahan masalah matematik pada tingkat Tacit use, Aware use, Strategic use, Reflective use. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument), soal tes pemecahan masalah matematik dan pedoman wawancara. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan purposive yaitu empat peserta didik terpilih yang dianggap mampu menyelesaikan soal tes pemecahan masalah matematik berdasarkan tingkatan kemampuan metakognisinya. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (a) Peserta didik yang memiliki kemampuan metakognisi pada tingkat Tacit use hanya memenuhi satu indikator kemampuan metakognisi yaitu perencanaan. (b) Peserta didik yang memiliki kemampuan metakognisi pada tingkat Aware use memenuhi dua indikator kemampuan metakognisi yaitu perencanaan dan pemantauan. (c) Peserta didik yang memiliki kemampuan metakognisi pada tingkat Strategic use memenuhi dua indikator kemampuan metakognisi yaitu perencanaan dan pemantauan. (d) Peserta didik yang memiliki kemampuan metakognisi pada tingkat Reflective use memenuhi indikator kemampuan metakognisi yaitu perencanaan, pemantauan, dan penilaian/evaluasi. Kemampuan metakognisi peserta didik dalam pemecahan masalah matematik diungkap melalui metode think aloud yang didukung oleh jawaban tertulis peserta didik dan wawancara. Secara garis besar peserta didik memiliki tingkat kemampuan metakognisi yang beranekaragam dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan pemecahan masalah matematik. Kata kunci: Kemampuan metakognisi, tingkat kemampuan metakognisi, pemecahan masalah matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:12
Last Modified: 13 Aug 2019 09:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item