PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

VICANTIKA, AGTIARA (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI AGTIARA V FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Agtiara Vicantika. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Serta Menyajikan Data, Gagasan, Kesan dalam Bentuk Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran mind mapping meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran mind mapping meningkatkan kemampuan menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes (pengukuran). Langkah�langkah dalam teknik pengolahan data dan analisis data yaitu dimulai dari mengklarifikasi data, menganalisis dan mempresentasikan data, enafsirkan data, serta menjelaskan dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat perubahan dan peningkatan proses dan hasil belajar. Siklus kesatu pada aspek pengetahuan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi, peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 19 orang (59,3%). Pada aspek keterampilan kemampuan menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi, peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 9 orang (28,1%). Siklus kedua baik aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik sudah mencapai KKB (100%). Untuk meyankinkan penulis, pada tahap pengolahan data melalui uji normalitas diketahui bahwa data yang diperoleh berdistribusi tidak normal sehingga pengolahan data dilanjutkan ke uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai w hitung = 0 <W daftar (0,01) = 49. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. Artinya model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:51
Last Modified: 23 Nov 2021 03:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2910

Actions (login required)

View Item View Item