PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOW SHOPPING (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS 1 MAN 1 Sukamanah)

ANNISA, NUR (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOW SHOPPING (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS 1 MAN 1 Sukamanah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi_Nur Annisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Annisa. 2020. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping (Penelitian Terhadap Peserta didik kelas XI IPS 1 MAN 1 Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan minat belajar serta aktivitas peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis berupa soal uraian, angket minat belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MAN 1 Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya, sampel penelitian berjumlah satu kelas yang dipilih secara acak. Data dalam penelitian ini diambil melalui pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis, angket minat belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping untuk mendapatkan nilai gain ternormalisasi. Nilai gain ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Untuk data aktivitas peserta didik diperoleh dari observasi yang dilakukan dengan bantuan guru matematika berjumlah 2 orang yang menjadi observer pada saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping secara signifikan pada kategori tinggi dan terdapat peningkatan minat belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping secara signifikan pada kategori sedang. Aktivitas peserta didik setiap pertemuannya jua mengalami kenaikan presentase sehingga terdapat peningkatan aktivitas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping, Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar, Aktivitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Nov 2021 07:10
Last Modified: 22 Nov 2021 07:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2892

Actions (login required)

View Item View Item