ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya)

WULAN FAIS, FITRIA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Fitria Wulan Fias_Pendidikan Matematika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK) dan Acak Abstrak (AA). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini angket gaya berpikir, tes kemampuan komunikasi matematis, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sebagai instrumen kunci (researcher as key instrument) dan instrumen bantu yakni angket gaya berpikir dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tasikmalaya, dengan subyek penelitian terdiri dari 4 peserta didik berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu mampu mengerjakan soal dengan memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis menurut NCTM, memenuhi salah satu karakteristik gaya berpikir menurut Gregorc, serta dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas sesuai dengan yang peneliti harapkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, dalam mengomunkasikan gagasan yang dimilikinya gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK) secara sistematis, teratur, berurutan, dan menyerap informasi sesuai dengan yang tertera dalam soal. Sekuensial Abstrak (SA) mengomunikasikan gagasan secara sistematis dan beraturan, serta menganalisis terlebih dahulu informasi yang diperoleh sehingga menemukan hal tersembunyi dibalik apa yang dilihatnya. Acak Konkret (AK) mengomunikasikan gagasan yang dimilikinya secara kurang lengkap dan melewatkan beberapa langkah penyelesaian serta menyerap informasi berdasarkan apa yang dilihatnya. Apabila Acak Abstrak (AA) mengomunikasikan gagasan yang dimilkinya secara acak, tidak rapih dan tidak berarturan tetapi mampu memperoleh hal yang tersembunyi dari informasi yang disajikan pada soal. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, gaya berpikir, karakteristik gaya berpikir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:10
Last Modified: 13 Aug 2019 09:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item