KORELASI CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

AULIA, FILA (2020) KORELASI CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
(A4) FILA AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cara belajar menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik, dengan adanya cara belajar yang baik memungkinkan prestasi belajar yang didapatkan akan baik pula. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi cara belajar terhadap prestasi belajar di kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai September 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi pada penelitian ini, yaitu seluruh kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 173 orang. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan kelas XI MIPA 2 yang digunakan sebagai sampel dikarenakan memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan kelas lainnya. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket cara belajar sebanyak 40 nomer dengan 5 indikator. Kemudian data prestasi belajar didapat dari nilai rapot mata pelajaran Biologi pada saat peserta didik berada di kelas X tahun ajaran 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi korelasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi cara belajar terhadap prestasi belajar dengan R= 0,613 dan R 2= 0,376. Sehingga terdapat kontribusi cara belajar terhadap prestasi belajar sebesar 37,6 %. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat korelasi antara cara belajar dengan prestasi belejar biologi peserta didik di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Hubungan tersebut berada pada kateogi kuat karena berada pada interval koefisien 0,60-0,799. Kata Kunci : Prestasi belajar, Cara belajar, Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Nov 2021 08:01
Last Modified: 19 Nov 2021 08:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item View Item