PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED TIPE END PRODUCT ARE OPEN

AZHAR, FAUZI (2019) PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED TIPE END PRODUCT ARE OPEN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI FAUZI AZHAR 2019 (152151079).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif menurut Silver dan proses berpikir kreatif matematis peserta didik berdasarkan tahapan Campbell dalam menyelesaikan soal open-ended tipe end product are open. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu think out loud. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dengan peneliti itu sendiri, soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan pedoman wawancara. Sumber data dalam penelitian ini mencakup 3 elemen yaitu tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Tasikmalaya, pelaku dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 3 peserta didik kelas X MIPA, dan aktivitas penelitian ini berfokus pada kegiatan responden dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif soal open-ended tipe end product are open. Teknik analisis data yang digunakan yakni menurut Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini dipilih 3 subjek dengan pertimbangan memenuhi indikator kemampuan dan proses berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Proses berpikir kreatif pada tahap persiapan ketiga subjek dapat mengumpulkan dan merumuskan beberapa pertanyaan yang berbeda. Pada tahap konsentrasi subjek menyusun strategi penyelesaian dari materi yang telah dipelajarinya. Pada tahap inkubasi subjek menggunakan metode yang berbeda baik substitusi, eliminasi, maupun campuran. Pada tahap iluminasi peserta didik menyelesaikan masalah open ended dimana S1 mendapatkan 3 jawaban, S2 mendapatkan 1 jawaban dan S3 mendapatkan 4 jawaban yang dianggap benar. Serta pada tahap verifikasi ketiga subjek dapat menyimpulkan jawaban baik secara verbal maupun tulisan. Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Proses berpikir kreatif, Open ended tipe end product are open.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:10
Last Modified: 13 Aug 2019 09:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item