PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas X SMKN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

ROYANA, RINA (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas X SMKN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPIS RINA ROYANA (162121070).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Rina Royana, 2020. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Isi dan Kebahasaan serta Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMKN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menganalisis dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas X berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya peserta didik kelas X SMKN 4 tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 masih belum mampu menganalisis isi dan kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay Two Stray meningkatkan kemampuan menganalisis isi dan kebahasaan serta mengonstruksi teka laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMKN 4 tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknis tes dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas X SMKN 4 tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu untuk Kompetensi Dasar menganalisis isi dan kebahasaan teks laporan hasil observasi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 21 orang (65,62) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 11 orang (34,37%). Untuk Komepetensi Dasar mengonstruksi teks laporan hasil observasi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 20 orang (62,5%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 12 orang (37,5%). Pada siklus kedua untuk menganalisis isi dan kebahasaan dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi semua peserta didik yang berjumlah 32 orang(100%) telah mencapai KKB. Dihitung secara statistik, data kemampuan menganalisis isi dan kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siklus kesatu dan siklus kedua diperoleh Whitung = 0 < Wtabel (W = 126,28). Artinya model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan menganalisis isi dan kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan has observasi pada peserta didik kelas X SMKN 4 tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:13
Last Modified: 19 Nov 2021 07:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item