ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC

AHMAD FAUZI, FANNY (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR GREGORC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi Fanny Ahmad Fauzi1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik ditinjau dari gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes gaya berpikir, tes kemampuan berpikir kritis matematik dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yakni tes gaya berpikir, soal tes kemampuan berpikir kritis matematik, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cingambul, subjek penelitian ini terdiri dari 4 peserta didik yang masing-masing memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak, fokus penelitian ini pada subjek saat menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis matematik. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (a) Peserta didik yang memenuhi indikator mampu memeriksa kebenaran argumen, pernyataan dan proses solusi yaitu peserta didik sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak. (b) Peserta didik yang memenuhi indikator menyusun pertanyaan disertai alasan yaitu peserta didik sekuensial konkret dan acak konkret. (c) Peserta didik yang memenuhi indikator mengidentifikasi data relevan dan tidak relevan suatu masalah matematika yaitu peserta didik sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. (d) Peserta didik yang memenuhi indikator mengidentifikasi asumsi yaitu peserta didik sekuensial konkret dan acak abstrak. (e) Peserta didik yang memenuhi indikator menyusun jawaban atau menyelesaikan masalah matematika disertai alasan yaitu peserta didik sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis matematik, gaya berpikir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:09
Last Modified: 13 Aug 2019 09:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item