KERAGAAN PEMASARAN BIJI KAPULAGA (Studi Kasus Pada Desa Cisarua Kecamatan Cineam)

Nurazizah, Isna (2021) KERAGAAN PEMASARAN BIJI KAPULAGA (Studi Kasus Pada Desa Cisarua Kecamatan Cineam). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
ISNA NURAZIZAH NPM 165009099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya, keuntungan, margin pemasaran dan farmer’s share pada pemasaran biji kapulaga di Desa Cisarua. Metode penelitian menggunakan survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Tempat penelitian di Desa Cisarua Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya dilakukakan pada bulan Juli hingga Desember 2020. Hasil penelitian menunjukkan : terdapat 3 saluran pemasaran biji kapulaga, yaitu : saluran pemasaran I : petani-pengumpul-pedagang besar�konsumen industri, saluran pemasaran II : petani-pengumpul-pedagang besar�pedagang pengecer-konsumen akhir, saluran III : petani- pengumpul desa�pengumpul kecamatan-pedagang besar-pedagang pengecer-konsumen akhir. Total biaya pemasaran saluran I,II,dan III masing-masing Rp 13.706/Kg, Rp 12.016,6/Kg dan Rp 12.750/Kg. Keuntungan pemasaran saluran pemasaran I,II,III masing-masing Rp 151.294/Kg, Rp 252.983,4/Kg dan Rp 250.250/Kg. Margin pemasaran pada tiap saluran pemasaran I,II, dan III masing-masing Rp 165.000/Kg, Rp 265.000/Kg dan Rp 263.000/Kg. Nilai farmer’s share pada tiap saluran pemasaran I,II, dan III masing-masing 58,75 persen, 47 persen dan 45 persen. Kata kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Biji Kapulaga

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:50
Last Modified: 19 Nov 2021 06:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2849

Actions (login required)

View Item View Item