PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING PADA MATERI TEORI KINETIK GAS

MARYAM RAMADANI, ELIA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING PADA MATERI TEORI KINETIK GAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-1.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-2.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-3-5.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-6-7.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-21-27.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-28-43.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-44-59.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-60-137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-138-139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Elia Maryam Ramadani_Sidang SKRIPSI - Copy-140-141.pdf

Download (137kB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJAAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING PADA MATERI TEORI KINETIK GAS Media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan powerpoint ispring dikembangkan untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi teori kinetik gas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbentuk aplikasi android menggunakan powerpoint ispring dengan kriteria valid dan praktis pada tahap Analysis, Design, Development, dan Implementation. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R & D) melalui tahap model pengembangan Dick and Carry yang terdiri lima tahap pengembangan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Tahap Analysis dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara tidak terstruktur, dan studi literatur. Observasi lapangan dilakukan untuk mengetahui ketersediaan media pembelajaran fisika di SMAN 1 Taraju. Wawancara tidak terstruktur dilakukan bersama 2 pendidik fisika SMAN 1 Taraju. Data observasi dan wawancara tidak terstruktur dianalisis secara kualitatif. Tahap Design meliputi pembuatan flowchart dan storyboard media pembelajaran. Tahap Development meliputi pembuatan produk media pembelajaran berbasis android dan validasi oleh 3 ahli materi, 3 ahli media, 3 ahli digital, dan 3 ahli bahasa. Selanjutnya tahap Implementation meliputi kegiatan uji coba produk untuk mengetahui sejauh mana kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan dan melibatkan 101 peserta didik dan 2 pendidik mata pelajaran fisika SMAN 1 Taraju Kelas XI MIPA sebagai subjek penelitian. Data kuantitatif hasil validasi dan uji coba produk dalam bentuk skor angket dianalisis menggunakan persamaan rata-rata dan tabel kriteria kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai validasi berdasarkan ahli media adalah 4,25 dengan kategori sangat baik, ahli materi adalah 4,38 dengan kategori sangat baik, ahli digital adalah 4,23 dengan kategori sangat baik, ahli bahasa adalah 4,2 dengan kategori baik. Selanjutnya tahap uji kepraktisan media pembelajaran berdasarkan hasil respon peserta didik adalah 4,52 dengan kategori sangat baik dan berdasarkan respon pendidik adalah 4,5 dengan kateori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan powerpoint ispring pada materi teori kinetik gas yang dkembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas XI MIPA SMAN 1 Taraju. Kata kunci: Media Pembelajaran, Android, Powerpoint Ispring, Teori Kinetik Gas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:54
Last Modified: 19 Nov 2021 06:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item View Item