ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

NISTRIA SEPTIANI, ANNISA (2019) ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Annisa Nistria Septiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kritis matematis yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Tasikmalaya kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 peserta didik. Subjek dari penelitian ini diambil secara purposive yaitu 3 peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket self confidence, tes kemampuan kritis matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sebagai instrumen utama kemudian dibantu dengan angket self confidence dan soal tes kemampuan kritis matematis. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Proses berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari self confidence tinggi dengan subjek S29T dapat melalui tahap mengenal masalah, menilai informasi, dan penarikan kesimpulan dengan baik dan tepat. (2) Proses berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari self confidence sedang dengan subjek S19S pada tahap mengenal masalah hanya dapat memenuhi indikator klarifikasi (clarification), penilaian (assessment), dan inferensi (inference). Sedangkan pada tahap menilai informasi, dan penarikan kesimpulan hanya memenuhi indikator klarifikasi (clarification) dan penilaian (assessment). (3) Proses berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari self confidence rendah dengan subjek S30R pada tahap mengenal masalah, menilai informasi, dan penarikan kesimpulan hanya memenuhi indikator klarifikasi (clarification) dan penilaian (assessment) saja. Kata kunci: Proses berpikir kritis matematis, self confidence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:09
Last Modified: 13 Aug 2019 09:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item