PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION

Lestari, Cinthia Anggeraini (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_Cinthia Anggeraini Lestari_162121046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kurikulum Bahasa Indonesia yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013 revisi. Untuk mencapai tujuan kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik harus menguasai Kompetensi Dasar yang terdapat dalam kurikulum Bahasa Indonesia. Salah satu Kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII adalah menelaah struktur, ciri kebahasaan, isi serta menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi. Kompetensi dasar tersebut belum dikuasai oleh Sebagian besar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam kemampuan menelaah struktur, ciri kebahasaan, isi serta menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan wawancara, teknik angket, teknik tes, dan teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang di tetapkan SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya untuk kelas VII adalah 75. Perolehan nilai siklus kesatu dalam hal pengetahuan yaitu seluruh peserta didik sudah mencapai KKB 100%, sedangkan dalam hal keterampilan masih ada 46% peserta didik yang belum mencapai KKB. Perolehan nilai siklus kedua dalam hal pengetahuan yaitu seluruh peserta didik sudah mencapai KKB 100% dan dalam hal keterampilan peserta didik juga sudah mencapai KKB 100%. Data tersebut menunjukan bahwa hipotesis Tindakan penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, ciri kebahasaan, isi serta menyajikan teks rangkuman hasil observasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Nov 2021 06:46
Last Modified: 09 Nov 2021 06:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item