ANALISIS BAURAN PROMOSI PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CPS PADAYUNGAN KOTA TASIKMALAYA

FITRIANI, ELLY (2020) ANALISIS BAURAN PROMOSI PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CPS PADAYUNGAN KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
ELLY FITRIANI-161002043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu lembaga Pegadaian syariah yang berada di Tasikmalaya yakni Pegadaian Syariah CPS Padayungan juga mengeluarkan produk baru yaitu tabungan emas tepatnya pada 02 februari tahun 2016. Dihitung per akhir periode desember 2016 jumlah nasabah Tabungan emas yakni 637 orang, akhir periode desember 2017 berjumlah 291 orang, akhir periode desember 2018 berjumlah 194 orang dan sampai dengan 14 September 2019 terhitung ada 209 nasabah tabungan emas di Pegadaian Syariah CPS Padayungan kota Tasikmalaya. Dapat disimpulkan bahwa jumlah nasabah tabungan emas di Pegadaian Syariah CPS Padyungan Kota Tasikmalaya adalah berjumlah 1.331 orang. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat menggunakan lembaga keuangan syariah adalah komponen promosi.. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai Strategi Promosi yang dilakukan Pegadaian Syariah khususnya mengenai tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Padayungan Tasikmalaya. Sehingga Penulis Tertarik untuk mengambil judul “Analisis Bauran Promosi Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah CPS Padayungan Kota Tasikmalaya)”. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, dengan menggunakan metode Deskripptif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan dengan filsafat Postpositive, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawanya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, tehnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Bauran promosi yang digunakan oleh Pegadaian Syariah Padayungan Tasikmalaya sebagai upaya strategi Promosi antara lain: Advertising, Salles Promotion, Publicity dan Personal Selling. Kegiatan bauran promosi dan media-media yang digunakan oleh Pegadaian Syariah Padayungan Tasikmalaya meliputi Advertising (periklanan), Media iklan yang digunakan oleh Pegadaian Syariah Padayungan Tasikmalaya adalah Siaran Televisi, Siaran Radio, Brosur, Pemasangan spanduk. Pegadaian Padayungan Syariah Tasikmalaya melakukan Sales promotion (promosi penjualan) dengan cara gratis buku tabungan, Cashback, Sovenir atau merchandise, Promo langsung melalui aplikasi pegadaian digital. Pegadaian Padayungan Syariah Tasikmalaya melakukan Public relation and publicity (hubungan masyarakat dan publisitas) dengan cara Kegiatan open table dan Seminar atau sosialisasi. Dan Personal selling (Penjualan perorangan) dengan mengadakan menerapkan program kerja Cross Selling dan Canvassing. Pegadaian Syariah Padayungan hanya menggunakan empat bauran promosi, yang tidak digunakan adalah direct marketing (pemasaran langsung). Kata kunci: Pegadaian Syariah, Tabungan Emas, Bauran Promosi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Nov 2021 02:45
Last Modified: 06 Nov 2021 02:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item