PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Materi Hidrosfer di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis)

Fauzah, Nida (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Materi Hidrosfer di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Nida Fauzah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa pada proses pembelajaran Geografi di kelas X IPS belum efektif, siswa cenderung tidak tertarik dengan materi yang diajarkan guru sehingga pembelajaran tidak diterima dengan baik oleh siswa, sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu penyebab pembelajaran yang kurang efektif ini, karena dalam proses pembelajaran terlihat gurulah yang menjadi pusat pembelajaran (teacher centered). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi Hidrosfer di kelas X IPS SMA Negeri 1 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis dan bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi Hidrosfer terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Rancah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Tujuannya yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi Hidrosfer di kelas X IPS SMA Negeri 1 Rancah dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi Hidrosfer terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Rancah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Rancah dengan jumlah 212 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. 33 siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan 35 siswa kelas X IPS 6 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik judgment sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji t. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Maka a Match di kelas X IPS 6 SMA Negeri 1 Rancah dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrosfer di kelas X IPS 6 SMA Negeri 1 Rancah. Perolehan skor gain hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat diterapkan di kelas X IPS 6 SMA Negeri 1 Rancah dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar Geografi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Oct 2021 01:12
Last Modified: 26 Oct 2021 01:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item