PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk. KANTOR CABANG PEMBANTU INDIHIANG TASIKMALAYA

SHIHABUDIN, MUHAMMAD IRSAL ASIF (2024) PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk. KANTOR CABANG PEMBANTU INDIHIANG TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4. MOTTO.pdf] Text
4. MOTTO.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT & ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRACT & ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 8. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf] Text
8. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 11. BAB 2.pdf] Text
11. BAB 2.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 12. BAB 3.pdf] Text
12. BAB 3.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 13. BAB 4.pdf] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of 14. BAB 5.pdf] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[thumbnail of 17. BIODATA PENULIS.pdf] Text
17. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya peranan customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten, Tbk. Kantor Cabang Pembantu Indihiang Tasikmalaya, untuk menunjang penelitian Tugas Akhir ini dibutuhkan data yang akurat, pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara mendalam dan melakukan observasi secara langsung untuk memperoleh informasi mengenai peranan customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah, observasi yang dilakukan terlibat langsung dengan kegiatan di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten, Tbk. Kantor Cabang Pembantu Indihiang Tasikmalaya, dan studi pustaka yang pengumpulan datanya dari data yang relevan terhadap permasalahan yang akan diteliti, seperti: buku, jurnal, artikel, dan peneliti terdahulu. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di dapatkan hasil bahwa peran customer service di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. Kantor Cabang Pembantu Indihiang Tasikmalaya yaitu mempertahankan nasabah lama agar tetap setia melalui pembinaan hubungan yang lebih akrab dengan nasabah, menambah jumlah customer service dan memberikan pelayanan yang dapat memuaskan nasabah yaitu dengan service excellence.

Kata Kunci: Peran, Customer Service, Loyalitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 15 Dec 2025 06:43
Last Modified: 15 Dec 2025 06:43
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item
View Item