ABDULLAH, AHBAB (2024) ANALISIS LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAVID KOLB. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01.Cover.pdf
Download (85kB)
02.Lembar Pengesahan di TTD.pdf
Download (252kB)
03.SK Sidang.pdf
Download (229kB)
04.Pernyataan.pdf
Download (231kB)
05.Abstrak.pdf
Download (10kB)
06.Kata pengantar.pdf
Download (66kB)
07.Daftar Isi.pdf
Download (41kB)
08.Daftar Tabel.pdf
Download (29kB)
09.Daftar Gambar.pdf
Download (30kB)
10.Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
11.Bab 1.pdf
Download (85kB)
12.Bab 2.pdf
Download (223kB)
13.Bab 3.pdf
Download (278kB)
14.Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15.Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16kB)
16.Daftar Pustaka.pdf
Download (151kB)
17.Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
18.Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan literasi numerasi peserta didik dalam mengerjakan soal AKM ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian soal AKM, penyebaran angket gaya belajar David Kolb, dan melakukan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri yang merupakan instrumen kunci, soal AKM yang terdiri dari empat soal dan angket gaya belajar David Kolb. Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya pada kelas VIII-B, diambil subjek sebanyak empat orang yang mewakili masing-masing tipe gaya belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan memberikan soal tes, angket gaya belajar dan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui lebih mendalam mengenai literasi numerasi peserta didik dalam mengerjakan soal AKM ditinjau dari gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek dapat menyelesaikan permasalahan sesuai dengan indikator literasi numerasi. Subjek diverger (SDv) cenderung lebih cepat bosan sehingga tidak fokus dan mengalami kekeliruan dalam menghitung, SDv mempunyai keunggulan memanfaatkan imajinasi untuk mengonkretkan soal yang abstrak. Subjek assimilator (SAs) menunjukkan kemampuan yang cukup dalam menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, cenderung lebih dapat memprediksi dan mengambil keputusan hasil jawaban dengan benar dan logis. Subjek converger (SCn) cenderung menyelesaikan masalah dengan sistematis dan menunjukkan keunggulan dalam pengaplikasian informasi yang ditampilkan daripada mengerjakan soal bentuk penalaran. Subjek accomodator (SAc) cenderung memanfaatkan pengalaman belajar sebelumnya untuk mengambil keputusan dan lebih suka mengambil risiko dalam menganalisis informasi yang ditampilkan.
Kata Kunci: Literasi Numerasi, AKM, Gaya Belajar David Kolb
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 04:06 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 04:06 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2749 |
