ANALISIS LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAVID KOLB

ABDULLAH, AHBAB (2024) ANALISIS LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAVID KOLB. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01.Cover.pdf] Text
01.Cover.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 02.Lembar Pengesahan di TTD.pdf] Text
02.Lembar Pengesahan di TTD.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 03.SK Sidang.pdf] Text
03.SK Sidang.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 04.Pernyataan.pdf] Text
04.Pernyataan.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 05.Abstrak.pdf] Text
05.Abstrak.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 06.Kata pengantar.pdf] Text
06.Kata pengantar.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 07.Daftar Isi.pdf] Text
07.Daftar Isi.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 08.Daftar Tabel.pdf] Text
08.Daftar Tabel.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 09.Daftar Gambar.pdf] Text
09.Daftar Gambar.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 10.Daftar Lampiran.pdf] Text
10.Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[thumbnail of 11.Bab 1.pdf] Text
11.Bab 1.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 12.Bab 2.pdf] Text
12.Bab 2.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 13.Bab 3.pdf] Text
13.Bab 3.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 14.Bab 4.pdf] Text
14.Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15.Bab 5.pdf] Text
15.Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[thumbnail of 16.Daftar Pustaka.pdf] Text
16.Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 17.Lampiran-lampiran.pdf] Text
17.Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[thumbnail of 18.Riwayat Hidup Penulis.pdf] Text
18.Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan literasi numerasi peserta didik dalam mengerjakan soal AKM ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian soal AKM, penyebaran angket gaya belajar David Kolb, dan melakukan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri yang merupakan instrumen kunci, soal AKM yang terdiri dari empat soal dan angket gaya belajar David Kolb. Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya pada kelas VIII-B, diambil subjek sebanyak empat orang yang mewakili masing-masing tipe gaya belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan memberikan soal tes, angket gaya belajar dan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui lebih mendalam mengenai literasi numerasi peserta didik dalam mengerjakan soal AKM ditinjau dari gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek dapat menyelesaikan permasalahan sesuai dengan indikator literasi numerasi. Subjek diverger (SDv) cenderung lebih cepat bosan sehingga tidak fokus dan mengalami kekeliruan dalam menghitung, SDv mempunyai keunggulan memanfaatkan imajinasi untuk mengonkretkan soal yang abstrak. Subjek assimilator (SAs) menunjukkan kemampuan yang cukup dalam menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk, cenderung lebih dapat memprediksi dan mengambil keputusan hasil jawaban dengan benar dan logis. Subjek converger (SCn) cenderung menyelesaikan masalah dengan sistematis dan menunjukkan keunggulan dalam pengaplikasian informasi yang ditampilkan daripada mengerjakan soal bentuk penalaran. Subjek accomodator (SAc) cenderung memanfaatkan pengalaman belajar sebelumnya untuk mengambil keputusan dan lebih suka mengambil risiko dalam menganalisis informasi yang ditampilkan.

Kata Kunci: Literasi Numerasi, AKM, Gaya Belajar David Kolb

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:06
Last Modified: 15 Dec 2025 04:06
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item
View Item