ANITASA, MAYA (2024) JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (15kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (251kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (176kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (149kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (6kB)
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (88kB)
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (146kB)
8 BAB 1.pdf
Download (236kB)
9 BAB 2.pdf
Download (302kB)
10 BAB 3.pdf
Download (408kB)
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (629kB)
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (83kB)
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (152kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran fisika di kelas. Rendahnya hasil belajar kognitif siswa dilihat dari nilai ulangan rata-rata setiap kelas masih belum mencapai KKM sepenuhnya. Padahal hasil belajar kognitif merupakan tolak ukur keberhasilan belajar siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model Pembelajaran Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating (SIMAS ERIC) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model SIMAS ERIC terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian posttest only design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X MIPA di SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar kognitif dilakukan setelah perlakuan (Posttest) berbentuk tes pilihan ganda tingkat 2 sebanyak 10 soal pada materi usaha dan energi dengan alokasi waktu 60 menit. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi � = 0,01 menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ yang berarti �0 ditolak dan �� diterima, sehingga dapat disimpulkan pada taraf kepercayaan 99% terdapat pengaruh model Skimming, Mind mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating (SIMAS ERIC) terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Hasil belajar kognitif, Model SIMAS ERIC, Usaha dan energi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:52 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:52 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2746 |
