FAIDZ, NISRINA AULIA AL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DALAM PROBLEM BASED LEARNING. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1_Cover_Nisrina.pdf
Download (83kB)
2_Lembar_Pengesahan_Skripsi.pdf
Download (102kB)
3_SK_Revisi_Sidang_Skripsi.pdf
Download (105kB)
4_SK_Pernyataan Keaslian.pdf
Download (280kB)
5_Abstrak_Nisrina Aulia Al Faidz-3.pdf
Download (8kB)
6_Kata pengantar_Nisrina Aulia Al Faidz.pdf
Download (78kB)
7_Daftar Isi_Nisrina Aulia Al Faidz-7-9.pdf
Download (71kB)
8_Daftar Table_Nisrina Aulia Al Faidz.pdf
Download (103kB)
9_Daftar Gambar_Nisrina Aulia Al Faidz.pdf
Download (39kB)
10_Daftar Lampiran_Nisrina Aulia Al Faidz.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (33kB)
11_BAB1.pdf
Download (170kB)
12_BAB2.pdf
Download (630kB)
13_BAB3.pdf
Download (440kB)
14_BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15_BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
16_Daftar Pustaka_Nisrina Aulia Al Faidz.pdf
Download (157kB)
17_Lampiran_Nisrina Aulia Al Faidz.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
18_Riwayat Hidup_Nisrina Aulia Al Faidz-195.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (82kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, serta kepraktisan media pembelajaran berbantuan iSpring Suite 11 pada materi perbandingan senilai dalam Problem Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, validasi media pembelajaran, serta penyebaran angket kepraktisan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kisi-kisi wawancara, lembar validasi untuk penilaian kelayakan serta kisi-kisi angket kepraktisan media pembelajaran oleh guru dan peserta didik. Sumber data dari penelitian ini adalah dua ahli isi pembelajaran, dua ahli desain pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran untuk menilai kualitas serta isi dan tujuan, teknis serta media pembelajaran, kemudian dua orang guru matematika serta peserta didik kelas VII MTs Putri PUI Talaga untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran interaktif yang dapat diakses pada smartphone android dengan nama aplikasi MathFarm. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai berdasarkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan oleh ahli isi pembelajaran, kualitas pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran serta kualitas teknis oleh ahli media pembelajaran. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak oleh ahli isi pembelajaran, kemudian dikatakan sangat layak oleh ahli desain pembelajaran serta layak oleh ahli media pembelajaran. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat praktis oleh peserta didik serta oleh guru matematika terhadap penggunaan media pembelajaran berbantuan iSpring Suite 11 pada materi perbandingan senilai dalam Problem Based Learning.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, iSpring Suite 11, Research Development, ADDIE, Perbandingan Senilai, Problem Based Learning.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:52 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:52 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2707 |
