PERBANDINGAN METAKOGNITIF PADA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN NON ASRAMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Kausal Komparatif di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

AZIZHABIBI, ABDUL (2020) PERBANDINGAN METAKOGNITIF PADA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN NON ASRAMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Kausal Komparatif di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (193kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (118kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
8. INSTRUMEN PENELITIAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
9. DATA HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
10. ADMINISTRASI PENELITIAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK ABDUL AZIZ HABIBI. 2020. Perbandingan Metakognitif pada Peserta Didik yang Tinggal di Asrama dan Non Asrama pada Pembelajaran Biologi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Perkembangan dunia pendidikan sangat berhubungan dengan perkembangan kognitif dan hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Selain kedua hal tersebut peserta didik juga membutuhkan kemampuan metakognitif dalam proses pembelajaran. Dengan kemampuan metakognitif peserta didik dapat merencanakan, memantau dan mengevaluasi pembelajaranya sendiri. Berdasarkan hasil observasi peserta didik MAN 1 Kota Tasikmalaya memiliki perbedaan tempat tinggal jika di kelompokkan menjadi peserta didik yang tinggal di asrama dan non asrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan metakognitif antara peserta didik yang tinggal di asrama dan peserta didik yang tinggal di non asrama. Metode penelitian yang digunakan yaitu kausal komparatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan di dapatkan kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 sebagai sampel. Tes dilakukan menggunakan Metacognitive Awareness Inventory yang diadaptasi dari Schraw dan Dennison. Dari analisis di dapatkan skor rata-rata metakogntif untuk peserta didik asrama sebesar 91,96 sedangkan untuk skor rata-rata metakognitif peserta didik non asrama sebesar 88,1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan metakognitif antara peserta didik yang tinggal di asrama dan non asrama. Kata Kunci : Perbandingan, Metakognitif, Asrama, Non Asrama

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:21
Last Modified: 02 Sep 2021 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item