HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REGULASI (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

FITRIA FEBRIANI, SITI (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REGULASI (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_ SITI FITRIA FEBRIANI_162154022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemandirian menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, melalui kemandirian belajar akan membawa perubahan sikap serta perubahan positif dalam setiap tindakan peserta didik. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem regulasi di SMA Negeri 10 kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI MIPA di SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 31 peserta didik. . Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu instrument kemandirian belajar dengan indikator yang dikemukakan oleh Mudjiman (Isnawati 2017) yaitu percaya diri, aktif dalam belajar, disiplin dalam belajar dan tanggung jawab dalam belajar. Untuk instrumen hasil belajar berupa soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang kuat dengan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,629 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 38,4%. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem regulasi di kelas XI MIPA 3 AMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Hubungan ini bersifat positif dan berada pada kategori kuat. Hal ini menandakan semakin besar rasa kemandirian belajar peserta didik, maka hasil belajar peserta didik akan semakin tinggi. Kata-kata kunci: Kemandirian Belajar; Hasil Belajar Peserta Didik; Materi Sistem Regulasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:21
Last Modified: 02 Sep 2021 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item