PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS (Studi Eksperimen pada Materi Turunan di Kelas XI SMA Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis)

FAUZIAH, NADA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS (Studi Eksperimen pada Materi Turunan di Kelas XI SMA Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Nada Fauziah Pendidikan Matematika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK NADA FAUZIAH. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligence terhadap Kemampuan Koneksi Matematis (Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Rancah). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh antara yang menggunakan model problem based learning berbasis multiple intelligence dengan yang menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik dan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbasis Multiple Intelligence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan penyebaran angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rancah dengan jumlah 9 kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas. Kelas XI Mipa 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Mipa 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis Multiple Intelligence terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik dan peserta didik memiliki motivasi belajar matematika tinggi dengan menerapkan model Problem Based Learning berbasis Multiple Intelligence. Hasil tes kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbasis Multiple Intelligence lebih baik daripada yang menngunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learing berbasis Multiple Intelligence memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning berbasis Multiple Intelligence, Kemampuan Koneksi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:22
Last Modified: 02 Sep 2021 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item