PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN MENYAJIKAN TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KUNJUNG KARYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas Vlll MTs Al-Ikhlas Cibalong Kab.Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020)

Yunaningsih, Shinta (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN MENYAJIKAN TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KUNJUNG KARYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas Vlll MTs Al-Ikhlas Cibalong Kab.Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Shinta Yunaningsih (152121070).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Menelaah pola penyajian dan menyajikan teks iklan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs/sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Untuk mencapai KD tersebut diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran saintifik kurikulum 2013 yang dianut. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian terkait kemampuan menelaah pola penyajian dan menyajikan teks iklan dengan menggunakan model pembelajaran kunjung karya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menelaah pola penyajian dan menyajikan teks iklan menggunakan model kunjung karya. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Ikhlas Cibalong Kab.Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di MTs AL-Ikhlas Cibalong untuk kelas VIII adalah 75. Perolehan nilai pengetahuan KD 3.4 menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar pada siklus I peserta didik memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 14 orang peserta didik (51,85%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 13 orang peserta didik (48,14%) dengan nilai rata-rata 70,95. Pada siklus II persentase jumlah peserta didik yang memperoleh nilai pengetahuan di atas KKB sebanyak 27 orang peserta didik (100%) dengan nilai rata-rata 82,33. Perolehan nilai keterampilan KD 4.4 menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, dan poster secara lisan dan tulis pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 12 orang peserta didik (44,44%), sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB sebanyak 15 orang peserta didik (55,55%) dengan rata-rata nilai 72,81. Pada siklus II persentase siklus II jumlah peserta didik yang memperoleh nilai keterampilan di atas KKB sebanyak 27 orang (100%) dengan nilai rata-rata 85,22. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran kunjung karya meningkatkan kemampuan menelaah pola penyajian dan menyajikan teks iklan pada peserta didik kelas VIII MTs.Al-Ikhlas Cibalong Kab.Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:44
Last Modified: 31 Aug 2021 04:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item