PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen Kelas X MIPA SMAN 1 CIAWI Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)

SURYANI, YENI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen Kelas X MIPA SMAN 1 CIAWI Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK YENI SURYANI 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati ( Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)” Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Ciawi Kabipaten Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017 sampai dengan bulan Oktober 2017 di SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true-experimental. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 7 kelas dengan jumlah 397 siswa. Sampel diambil dengan mengunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains pada materi pencemaran lingkungan berupa soal uraian sebanyak 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:36
Last Modified: 31 Aug 2021 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item View Item