ANALISIS SIKLUS DAUR HIDUP PRODUK KHIMAR ZEEDEE HIJAB TASIKMALAYA

GONIATU RAHAYU, GINA (2021) ANALISIS SIKLUS DAUR HIDUP PRODUK KHIMAR ZEEDEE HIJAB TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER_ANALISIS SIKLUS DAUR HIDUP PRODUK KHIMAR ZEEDEE HIJAB TASIKMALAYA.pdf

Download (46kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (581kB)

Abstract

ABSTRAK Gina Goniatu Rahayu. 2021. Analisis Siklus Daur Hidup Produk Khimar Zeedee Hijab Tasikmalaya, Skripsi. Progra Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi. Tahapan siklus daur hidup produk terbagi empat yaitu tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan. Setiap tahapan siklusnya mempunyai waktu yang berbeda. Fakta menunjukkan bahwa terdapat produk yang mengalami tahapan siklus daur hidup produk pada tahap kedewasaan dalam jangka waktu yang relatif lama selama bertahun-tahun. Ketika produsen meluncurkan model-model khimar yang baru, produk Khimar Alis tetap menjadi produk yang paling laris penjualannya di kalangan konsumen Zeedee Hijab dari tahun 2017 sampai sekarang. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis siklus daur hidup produk khimar Zeedee Hijab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang dikumpulkan melalui data primer yaitu data yang didapat langsung dari sumbernya melalui wawancara kepada pemilik Zeedee Hijab dan kuesioner, dan data sekunder yaitu data yang bersumber dari laporan tertulis mengenai perkembangan Zeedee Hijab. Berdasarkan matriks IFAS (Internal Factors Summary) menunjukkan faktor yang menjadi kekuatan utama berdasarkan nilai skor tertinggi sebesar 0.43 yaitu desain produk dan publikasi melalui media sosial. Sedangkan yang menjadi kelemahan utama berdasarkan nilai skor terendah sebesar 0.11 yaitu inovasi produk. Pada tabel IFAS diperoleh total skor untuk faktor kekuatan sebesar 3.31 dan faktor kelemahan sebesar 1.75 dengan selisih skor sebesar 1.56 yang menunjukkan bahwa kekuatan lebih dominan dari kelemahan. Siklus daur hidup produk Zeedee Hijab pada setiap tahapan mempunyai waktu dan strategi yang berbeda. Pada tahap perkenalan, siklus daur hidup produk Zeedee Hijab cenderung cepat, yaitu hanya membutuhkan waktu satu sampai dua minggu. Pada tahap pertumbuhan, siklus daur hidup produk Zeedee Hijab mengalami peningkatan penjualan. Pada tahap kedewasaan, rata-rata siklus daur hidup produk Zeedee Hijab mengalami masa siklus yang panjang pada beberapa produk, bahkan terdapat produk yang bertahan lama yaitu dari Zeedee Hijab berdiri sampai saat ini. Produk tersebut yaitu Khimar Alis. Namun disisi lain, ada juga produk yang cepat turun dan mengalami unproduksi. Salah satunya yaitu produk Khimar Sharfy dan Khimar Almeera. Dan ketika tahap penurunan, produk dibiarkan tetap beredar namun tidak diproduksi lagi. Berdasarkan hasil penelitian dari setiap tahapan siklus daur hidup produk dan analisis internal, Zeede Hijab dapat menerapkan strategi dengan mempertahankan kualitas produk, gencar melakukan publikasi, meningkatkan pelayanan, dan inovasi produk untuk mempertahankan siklus daur hidup produk. Kata kunci: Siklus Daur Hidup Produk, Analisis Faktor Internal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:01
Last Modified: 23 Aug 2021 04:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item