ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PRODUK CICIL EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung)

Delvira, Elga Yulia (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PRODUK CICIL EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia merupakan bank hasil merger anak perusahaan BUMN bidang perbankan diantaranya Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah. Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha dalam melakukan penyaluran dana adalah melalui pembiayaan murabahah produk cicil emas. Berdasarkan jumlah nasabah eksisting cicil emas Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha, tahun 2020 menyumbang paling banyak nasabah sebesar 53,125%. Akan tetapi, Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung pada tahun 2020 tidak mampu mencapai target fee based income. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah pembiayaan murabahah produk cicil emas dalam meningkatkan jumlah nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara tersebut ditujukan kepada tim pawning, tim marketing dan 3 nasabah cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarian kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti bahwa Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung menggunakan strategi pemasaran syariah dalam memasarkan produk cicil emas yang meliputi segmentation, targeting dan positioning. Pada segmentation, Bank Syariah Indonesia KCP Moh Toha memiliki segmentasi berdasarkan variabel geografis, demografis, dan perilaku. Pada targeting Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung menjangkau semua kalangan dengan target pasar menggunakan pola market specialization. Pada langkah positioning yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Moh. Toha Bandung adalah penguatan produk dan pelayanan nasabah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Syariah, Pembiayaan Murabahah, Cicil Emas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:32
Last Modified: 23 Aug 2021 03:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item