NUGRAHA, ANGGIH MOCHAMAD (2020) PERENCANAAN GEDUNG HOTEL DI TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
ANGGIH MOCHAMAD NUGRAHA 147011064 FT-SIPIL.pdf Restricted to Repository staff only Download (32MB) |
Abstract
Pertumbuhan ekonomi Kota Tasikmalaya terus meningkat mencapai 6,7 persen pada 2017. Pertumbuhan ini terjadi seiring setelah penerbangan komersil yang masuk ke Bandara Wiriadinata oleh Wings Air. Pertumbuhan itu didapat dari tingginya jumlah wisatawan yang masuk, bidang kuliner dan properti tumbuh pesat. begitu juga minat pebisnis, dan traveler tentunya yang sementara singgah di pusat kota, untuk melakukan berbagai hal, tak wajar bila hanya tinggal di tempat yang kurang berkesan. Kebutuhan akan tempat bermalam menjadi pikiran utama untuk meningkatkan sarana yang ada di kota tasikmalaya. Hotel ini direncanakan berlokasi di Jl. Letnan Harun, Rancabango, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. Perencanaan struktur gedung hotel direncanakan menggunakan sistem struktur rangka beton bertulang sesuai dengan SNI 2847:2013. Mengunakan material beton K-300 dan mutu baja 400MPa. Gaya-gaya dalam yang bekerja meliputi beban mati, beban hidup, dan beban gempa dinamis analisa respon spektrum. Pemodelan dan analisa struktur menggunakan software ETABS 2013 dan AutoCad 2010 untuk menggambar desain struktur. Berdasarkan hasil perencanaan dan pembahasan pada sistem struktur beton bertulang lalu kontrol kapasitas penampang pada semua elemen struktur tidak melebihi kapasitas penampang rencana. Dari hasil perhitungan digunakan spesifikasi tulangan polos D10-160 untuk elemen pelat atap dengan tebal 10cm dan pelat lantai dengan tebal 12cm, tulangan D19 untuk elemen balok dalam menahan lentur dan tulangan ∅10 dalam menahan geser, tulangan D19 untuk elemen kolom dalam menahan lentur dan tulangan D12 dalam menahan geser, tulangan D25 untuk elemen corewall dalam menahan lentur dan tulangan D16 dalam menahan geser, tulangan D19-25cm untuk elemen Dinding Basement arah vertikal dan tulangan D13 untuk Tulangan Horizontal dengan jarak tulangan bagian atas 20cm dan bagian bawah 17,5cm, Tulangan D13-250 untuk elemen pelat lantai basement dalam menahan beban kendaraan dengan tebal pelat 15cm, tulangan D19 untuk element sloof dalam dalam menahan lentur dan tulangan ∅10 dalam menahan geser, serta pondasi foot plate berukuran 2,5x2,5m dengan tebal 700mm di kedalaman -2,2m dibawah muka tanah asli bawah basement, menggunakan tulangan D19-250. Kata Kunci : Struktur, Struktur Beton bertulang, Corewall, Basement, Pondasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 02:43 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 02:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2589 |
Actions (login required)
View Item |